photo news

Komputer

News

Unik

Portfolio

Widgets

» » » Sekilas Pengenalan Tentang Komputasi Modern

Komputasi modern merupakan pengembangan ter up to date dari penggunaan teknologi komputer, hardware dan software. Sebuah komputasi merupakan sebuah cara untuk menemukan  pemecahan masalah dari data yang akan diproses dengan menggunakan algoritma. Dari tahun ke tahun, perhitungan dan teknologi komputasi umum dilakukan hanya dengan kapur dan batu tulis, ataupun pena dan kertas saja. Namun seiring dengan teknologi yang semakin berkembang, komputasi kini telah banyak dilakukan dengan menggunakan komputer. Dalam penggunaan praktis, komputasi biasanya berupa simulasi komputer untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam berbagai bidang keilmuan.
Selain itu, komputasi modern juga memiliki fungsi memecahkan berbagai masalah, diantaranya untuk menghitung :
  • Akurasi (bit, floating point)
  • Kecepatan (satuan Hz)
  • Problem volume besar (paralel)
  • Modeling (NN dan GA)
  • Kompleksitas (menggunakan teori Big O)
Sejarah Komputasi Modern
John Von Neumann
John Von Neumann (1903-1957), seorang pencetus komputasi modern dengan konsep arsitektur sekaligus seorang ilmuwan yang meletakkan dasar-dasar komputer modern. Beberapa karya beliau antara lain dalam bidang matematika, teori kuantum, fisika nuklir, teori game, dna ilmu komputer tentunya. Von Neumann diabadikan namanya sebagai arsitektur von Neumann, yaitu arsitektur komputer yang banyak digunakan di sebagian besar sistem komputer non paralel, karena dialah yang pertama kali mempublikasikan konsep tersebut. Meski konsep ini kemudian dikembangkan oleh J. Presper Eckert dan John W. Mauchly dalam pengembangan komputer ENIAC, nama von Neumann lah yang lebih dikenal sebagai penemu arsitektur komputer tersebut.
Jenis-jenis komputasi modern
Komputasi modern digolongkan ke dalam tiga macam :
a. Komputasi mobile (bergerak)
Merupakan teknologi komunikasi menggunakan jaringan tanpa kabel yang portable, namun halnya dengan komputasi nirkabel. Misalnya dalam penerapan GPS pada mobile.
b. Komputasi Grid
Merupakan teknologi yang menggunakan komputer terpisah oleh geografis, dihubungkan dan terdistibusi oleh jaringan dalam menyelesaikan masalah komputasi berskala besar.
c. Komputasi Cloud (awan)
Merupakan teknologi komputasi yang dinamis dengan sumber daya virtual yang menyediakan layanan melalui internet.
Terdapat perbedaan antara komputasi mobile, komputasi grid dan komputasi cloud, yaitu :
- Komputasi mobile menggunakan teknologi komputer yang bekerja seperti handphone, sedangkan  komputasi grid dan cloud menggunakan komputer.
- Biaya untuk tenaga komputasi mobile lebih mahal dibandingkan dengan komputasi grid dan cloud.
- Komputasi mobile tidak membutuhkan tempat dan mudah dibawa kemana-mana, sedangkan grid dan cloud membutuhkan tempat yang khusus.
- Untuk komputasi mobile proses tergantung si pengguna, komputasi grid proses tergantung pengguna mendapatkan server atau tidak, dan komputasi cloud prosesnya membutuhkan jaringan internet sebagai penghubungnya.
Reference :
http://justshareinfo.blogspot.com/2012/03/komputasi-modern.html
http://martinez-stevanno.blogspot.com/2012/04/contoh-komputasi-modern.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi

Unknown

We are.., This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply

Select Menu